08 Agustus 2017

Su-35 Sementara akan Ditempatkan di Makassar

08 Agustus 2017


Pesawat Su-35 sebagai pengganti F-5 sementara akan ditempatkan di Makassar sambil menunggu infrastrukstur ground handling untuk pesawat buatan Rusia ini tersedia di lanud Madiun (photo : Michael Polyakov)

TNI AU Tempatkan 11 Pesawat Sukhoi Baru di Makassar

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 11 pesawat sukhoi pengganti skuadron F5 di Madiun, Jawa Timur yang dibeli Kementerian Pertahanan akan ditempatkan di Makassar untuk sementara waktu. Sebab, Madiun yang seharusnya menjadi tempat alutsista terbaru milik TNI itu belum memiliki infrastruktur yang memadai.

"Untuk sementara kami tempatkan di Makassar yang sudah siap secara infrastruktur sembari menyiapkan infrastruktur di Madiun, kalau sudah siap baru dipindah," ujar Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Yogyakarta, Senin (7/8/2017).

Hadi menjelaskan, Kementerian Pertahanan sudah memproses pembelian pesawat sesuai dengan spesifikasi yang diajukan oleh TNI AU. Pesawat Sukhoi generasi 4,5 plus diklaim memiliki kemampuan manuver yang lebih unggul.

"Normalnya, pesan pesawat, hari ini ditandatangani, 1-2 tahun baru datang," ucap dia.

Hadi juga menegaskan akan menjaga pesawat sukhoi baru ini sebagai pesawat kebanggaan rakyat.

(Liputan6)

38 komentar:

  1. Akhirnya...penonton lega! sudah resmi dipesan setelah menunggu lama.
    Welcome Super Flanker..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah TTD belum?
      perjalanan masih panjang...hihihihi

      Hapus
    2. Blm bisa move on gegara kelamaan di php ya? :p

      Hapus
    3. Wek...kok nyusu gitu to mas abdul?

      Coba sedikit peka dg "bahasa isyarat"..."nanti bakal pespur baru ini akan ditempatkan permanen di madiun".

      Firasat ane, pesawat yang dipilih adl yg tipe singel siter&dobel siter (su-35 ga pny dobel siter...trus pilot juniornya mo latihan dimana, moso duduk disayap, heeee)

      Trus kita liat infrastruktur di madiun itu optimal utk tipe pesawat apa?

      Disono ada fashar, skatek, depo senjata dan simulator pertempuran...

      Ada tipe pesawat yang montirnya bisa pinjam-meminjam kunci dg montir skadron yang satunya lg (skad 3), peluru, bom, rudal sebagian besar sama...trus ini yang lebih penting, bisa latihan pake simulator ACMI yang sama.

      Coba kalo su-35...ngenes to ga boleh numpang latihan simulator acmi (ga kompatibel).

      Tapi ini cuma ilmu firasat lho...masih bisa mleset, heeeee

      Hapus
    4. Positif wae mas... Pemainnya aja udh persiapan buat pemanasan, mosok supporternya ga mulai sorak2.
      Syukur2 SU 34 Cocor Bebek jg ikut main....yo alhamdulillah πŸ˜€

      Hapus
    5. @smile jd org jgn pesimis n negatif...kurasa nie org penentang Su 35..move on mas terima knyataan...awal dtg su27/30 sblm di tmpatkn di makassar ..smentara di pgkalkn di iswahyudi gak ada msalah..setelah infrastruktur jd br pindah ke makassar...mslh simple di bikin ruwet..pantesan gak maju2 bangsa ini..klw ada org otakny pesimis n selalu negatif..

      Hapus
    6. Cocor bebek ngomahku akeh galo mas..wkwkwk

      Hapus
    7. Yowes...taruhan wae mas tupez?

      Hapus
    8. Tupez@ berani nazar lari bugil gak ente? Lalu video di upload di disini? Kalau su35 bener akan datang
      Ente bisa membedakan kan antara pesimis sama realistis kan?

      Hapus
    9. Siapa lg nie zaka sembung bawa golok... Ikut2an aza lu G**blok...iya nanti klw uda dtg Su 35 baru kt obrolin..

      Hapus
    10. Gue heran keputusan yg ambil pemerintah kenapa dia2 yg ribet yee..Mr smile n Zaka sembung....mane nih om palu gada..nie org di kasih dulu zidatnya..biar pada fresh otaknya..

      Hapus
  2. Gak nutut ya, setahun kedepan nyiapin ground handling Iswahyudi? Atau belum ada anggarannya? :p

    BalasHapus
  3. Asal sementara gk ditipin k Brunei Aja...

    BalasHapus
  4. Mari berpositif thinking demi kejayaan TNI AU,, goo modernisasi AU

    BalasHapus
  5. ayo pesan lagi su 34....nah perpaduan sempurna

    BalasHapus
  6. Nah bener kan...ngaku multirole tapi targeting pot aja g punya?!!

    Emang tentenganya smp gondal-gandul buat ditimpukin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh om2 targeting pod di msalahi..smw d masalahi..klw mw targeting pod tinggal beli x..russia jg uda bisa buat..tp beliny jgn di sukhoi..dy cm buat pesawat..gt ja koq repot..

      Hapus
    2. Xixixi...ben wae, ben paklek tupez nesu

      Hapus
    3. Disitu bedanya mas tupez...india&malay beli targeting pod dr israel&prancis, tapi memang avionik mereka buatan thales(targeting pot rusia masih kurang oke...buktinya di suriah tidak dipake oleh su-35)

      Lha sukhoi kita kan buatan knaapo (kok malah nanya????)...pabrik yang sama yang membuat su-35.

      Kalo kita mau ikut langkah india&malay, pake targeting pod buatan israel/prancis kan harus keluar ongkos lg buat biaya sertifikasinya...beda dg pespur buatan blok barat, smua udah disertifikasi pake targeting pod barat..tinggal plug&play

      Hapus
    4. Tupez@ coba deh kasih link kalau Rusia sudah punya targeting positioning?
      Yang ada masih pengembangan

      Hapus
  7. Masih menunggu realisasi kontrak, spesifikasi pesawat dn senjata ap sj yg dibeli
    Setelah itu br kepastian pembangunan pabrik suku cadang sukhoi, spt ap dn dmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarene gak tuku opo-opo mas...saiki kok malah antusiyas

      Hapus
    2. Loh emg sdh beli?
      Mef 2015-2019 aggaran pespur pengganti f5 1,2 milyar dolar
      Pesawat transport 1 milyar dolar
      Kapal selam 1,2 milyar dolar
      Kapal perang 1 milyar dolar
      Air defense tni ad 200 jt dolar
      Mana yg sdh dibeli?

      Hapus
    3. Wong aku gor muni antusiyas kok....

      Hapus
  8. Yang menarik juga ....Siapa yg dipilih sbgai penghuni skuadron baru nanti...

    BalasHapus
  9. Watch out australian..with this fighter..tniau will destroy australian forces in just 2 day..all australian population will be wipe out including kangaroo... go indonesia go...

    BalasHapus
    Balasan
    1. termasuk smua yg tanda tangan FDPA, itu tuch power ranger merah,biru,kuning,item sikat smua, kcuali yg pink..soalnye maniez 😍😍😍 haha!

      go go powder(sengaja) rangerπŸ€–

      Hapus
    2. Alamak...teneh ostrali isine ming embek thok?!!

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    5. Lcs Malon bung yg namanya gowind tuh..Kalo di tembak rudal bisa nyelem, giliran di terpedo dia terbang...Busyeeet ngehindar melulu...Ngeri dah

      Hapus
  10. awas FPDA...
    ketar ketil jadi nya... :P

    BalasHapus
  11. kalau sementara di makassar, artinya, su35 bakal ngegeser ska f5-tiger ke palembang secara permanen ato memang dibuat skuadron baru buat su35?


    http://defense-studies.blogspot.co.uk/2016/01/lanud-palembang-jadi-tipe-b-pesawat-f5.html#comment-form


    seru juga kalo taro sukhoi 35 di mediun, sekali ngegas, kopi om antiembalgo, lenyeaapp haha!bravo tni auπŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  12. Tebakan saya SU-35 akan tetap di makassar. SU-27/30 yang nge geser ke Madiun. Kalau toh SU-35 tetep ke Madiun, penerbang Sk-11 yang ngegeser ke Madiun dg tunggangannya.

    BalasHapus